Terpopuler:

Penuh Makna! Ini Dia Bentuk Souvenir Midodareni Pernikahan Kaesang Dan Erina

10 December 2022 - Kategori Blog
pernikahan kaesang dan erina

Sumber : Instagram.com/erinagudono

ANARIASOUVENIR.COM – Kabar membahagiakan datang dari putra bungsu pasangan Bapak Presiden ke-7 Republik Indonesia, Joko Widodo, dan Ibu Negara Iriana yaitu Kaesang Pangarep. Beberapa hari yang lalu, Kaesang Pangarep telah resmi meminang wanita pujaan hatinya yaitu Erina Gudono. Dalam serangkaian acara yang digelar, dari mulai acara Midodareni, akad nikah hingga acara resepsi pernikahan, semuanya berjalan dengan khidmat dan juga banyak dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai kalangan, mengingat Kaesang Pangarep merupakan putra terakhir Bapak Presiden Joko Widodo.

Yang menjadi perhatian selama prosesi pernikahan Kaesang dan Erina adalah adanya acara atau prosesi Midodareni. Acara Midodareni sendiri merupakan prosesi adat Jawa yang biasa dilakukan sehari sebelum dilangsungkannya pernikahan kedua pasangan. Kaesang Pangarep dan Erina Gudono melangsungkan acara prosesi Midodareni ini sehari sebelum acara pernikahannya berlangsung, lebih tepatnya pada Jumat malam (9/12/2022). Karena memang diketahui kedua pasangan tersebut merupakan keturunan Jawa, jadi memang sudah keharusan jika menggunakan prosesi adat Jawa ini.

Apa Itu Prosesi Midodareni?

 

acara midodareni kaesang dan erina

Sumber : detik.com

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat sebelumnya, Midodareni merupakan serangkaian prosesi adat Jawa yang digelar oleh kedua pasangan beserta keluarga besar sehari sebelum acara pernikahan berlangsung. Dilansir dari beberapa sumber, asal kata dari Midodareni berasal dari kata widodari atau bidadari yang turun dari langit. Diketahui prosesi Midodareni ini berasal dari sebuah cerita legenda Jaka Tarub dan Nawangwulan.

Pada prosesi Midodareni ini, masyarakat Jawa percaya bahwa pada malam saat dilakukan prosesi ini, akan ada bidadari yang turun dari langit atau kayangan untuk menyambangi kediaman dan menemui calon pengantin wanita. Konon, bidadari tersebut akan memberikan sebuah “wahyu” sehingga akan dapat mempercantik dan menyempurnakan segala keperluan calon pengantin wanita yang besoknya akan melangsungkan acara pernikahan.

Prosesi Midodareni umumnya dilakukan setelah proses siraman, yang merupakan tahapan prosesi pembersihan bagi kedua calon pengantin sebelum melangkah ke acara sakral pernikahan.

Tahapan Prosesi Midodareni

Sebagai salah satu prosesi adat Jawa, memang sudah seharusnya prosesi Midodareni ini merupakan salah satu prosesi sakral dan tidak bisa dianggap main-main. Mungkin beberapa dari kalian masih penasaran atau tidak tahu bagaimana proses atau tahapan-tahapan yang dilakukan pada prosesi Midodareni ini. Berikut adalah tahapan-tahapan dari prosesi Midodareni.

  • Jonggolan atau Nyantri

Penyampaian maksut dan tujuan oleh gibran

Sumber : cnbcindonesia.com

Dalam masyarakat Jawa ada yang menyebutnya jonggolan dan ada juga yang menyebutnya nyantri. Sebetulnya kedua kata tersebut jika diartikan memiliki makna yang sama, yaitu merupakan momen dimana calon pengantin pria telah datang di kediaman calon pengantin wanita atau calon mertua. “Njonggol” diartikan juga sebagai menampakkan diri, dengan tujuan untuk memperlihatkan kepada calon mertua dan calon pengantin wanita jika calon pengantin pria dalam keadaan sehat, selamat serta siap untuk menikah calon mempelai wanita. Pada tahapan ini yang berkesempatan untuk “meminta izin” kepada keluarga Erina Gudono adalah saudara laki-laki dari Kaesang yaitu Gibran Rakabuming.

  • Tantingan

midonareni tantingan oleh keluarga erina gudono

Sumber : cnbcindonesia.com

Usai menunjukkan dan menampakkan diri kepada calon mertua kalau calon mempelai pria dalam keadaan sehat dan selamat pada tahapan jonggolan atau nyantri. Dalam tahapan tantingan ini calon pengantin pria sekali lagi akan ditanya oleh kedua calon mertua perihal kemantapan hatinya untuk menikahi putrinya. Pada tahapan ini calon pengantin wanita tidak diperkenankan keluar dari kamar pengantinnya. Jadi yang dapat melihat kehadiran calon mempelai pria adalah calon mertua, saudara dan tamu wanita saja. Bisa dilihat pada acara Midodareni kemarin, Erina Gudono sendiri tidak terlihat sama sekali pada acara tersebut.

 

  • Pembacaan Dan Penyerahan Catur Wedha

 

 

pembacaan catur wedha oleh saudara laki-laki erina gudono

Sumber : cnbcindonesia.com

Selanjutnya masuk pada prosesi pembacaan dan penyerahan catur wedha. Pada prosesi ini calon mertua atau orang tua pria dari calon pengantin wanita akan memberikan sebuah wejangan kepada calon pengantin pria. Dalam adat Jawa catur wedha ini berisikan empat pedoman hidup, yang nantinya diharapkan menjadi bekal untuk kedua calon pengantin dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Pada kesempatan acara midodareni yang dilaksanakan kemarin, yang memberikan wejangan kepada calon pengantin pria adalah Ibunda dan saudara laki-laki dari Erina Gudono.

 

  • Wilujengan Majemukan

pemberian seserahan simbolis ibu iriana kepada ibu dari erina

Sumber : cnbcindonesia.com

Sebagai tahapan penutup rangkaian prosesi Midodareni, wilujengan majemukan merupakan tahapan dimana para orang tua atau wali kedua calon pengantin saling bertemu. Kedua orang tua akan saling merelakan anaknya masing-masing untuk melanjutkan kedua calon pengantin untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan. Pada tahapan ini juga biasanya kedua calon pengantin akan secara formal meminta izin kepada kedua orang tua mereka untuk hidup bersama dengan pasangan pilihannya.

Souvenir Midodareni Kaesang Pangarep Dan Erina Gudono

Dari seluruh tahapan proses Midodareni yang dilakukan oleh Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, ada satu hal yang membuat acara sakral ini semakin terlihat istimewa. Iya, benar sekali. Pada acara Midodareni kali ini, Kaesang dan Erina menyuguhkan persembahan sebuah souvenir untuk para tamu undangan yang hadir. Kenapa kehadiran souvenir pada acara Midodareni Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bisa dikatakan istimewa? Karena memang pada dasarnya souvenir ini tidak umum digunakan untuk acara Midodareni. Jadi hal ini yang membuat acara Midodareni kedua pasangan tersebut begitu spesial.

souvenir midodareni pernikahan kaesang dan erina

Sumber : Anaria Souvenir

Dapat dilihat pada gambar, souvenir Midodareni Kaesang Pangarep dan Erina Gudono ini berupa sebuah candle crystal jar. Souvenir ini terbuat dari bahan kaca berkualitas tinggi dengan motif berbentuk crystal sehingga membuatnya semakin mewah dan elegan. Tidak lupa juga pada bagian dalamnya diisi dengan lilin aroma terapi dengan aksen sentuhan warna warni kecil di atasnya yang membuat souvenir ini terlihat sangat estetik.

detail souvenir midodareni kaesang dan erina

Sumber : Anaria Souvenir

Tidak sembarangan, pemilihan lilin sebagai souvenir akad nikah kedua pasangan tersebut penuh dengan pertimbangan, agar makna pernikahan kedua pasangan yang tersimpan pada souvenir tersebut tersalurkan dengan baik kepada para tamu undangan. Lilin menandakan banyak hal yang berbeda. Bagi sebagian orang, itu melambangkan harapan dan bimbingan. Bagi orang lain, mereka mewakili kehidupan, kebijaksanaan, dan kepemimpinan. Lilin juga kerap menjadi simbol pengorbanan, yang artinya rela berkorban satu sama lain untuk masa depan yang lebih sempurna.

filosofi souvenir midodareni kaesang dan erina

Sumber : Anaria Souvenir

Sebagai salah satu vendor yang dipercaya oleh kedua pasangan, Anaria Souvenir terus berkomitmen untuk mempersembahkan produk souvenir terbaik untuk para klien, khususnya kepada pasangan Kaesang dan Erina. Dibuktikan dengan Anaria Souvenir menggandeng pengrajin lokal untuk proses pembuatannya. Meskipun produk souvenir yang disajikan terbuat dari bahan lokal, namun kualitas tetap menjadi nomor satu bagi Anaria Souvenir

Penutup

Dari serangkaian prosesi atau acara pernikahan Kaesang dan Erina, yang menjadi terlihat berbeda dari pernikahan para anak pejabat lainnya yakni adanya prosesi Midodareni. Tidak heran juga jika terdapat prosesi Midodareni pada serangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina, karena memang diketahui bahwa kedua pasangan merupakan keturunan asli suku Jawa.

Tidak hanya itu, yang lebih spesial dari acara Midodareni ini adalah adanya sebuah souvenir. Anaria Souvenir dipilih dan dipercaya oleh kedua pasangan untuk membuatkan sebuah souvenir untuk prosesi Midodareni ini. Bahkan tidak hanya souvenir Midodareni saja, Anaria Souvenir juga menyediakan souvenir untuk acara akad nikah hingga acara resepsi Kaesang dan Erina. Untuk itu, jika Anda menginginkan souvenir yang sama seperti anak Presiden dan pasangannya tersebut untuk berbagai acara, langsung saja konsultasikan dan hubungi Anaria Souvenir sekarang juga disini ya!

Comments are closed.