Undangan Pernikahan Berbahan Beludru untuk Kesan Mewah dan Elegan

Undangan Pernikahan Kesan Mewah dan Elegan
Undangan Pernikahan Kesan Mewah dan Elegan

Undangan Pernikahan Kesan Mewah dan Elegan – Memiliki bujet yang cukup besar untuk menggelar pernikahan impian membuat calon pengantin mana pun bersorak kegirangan. Bagaimana tidak, kamu bisa mewujudkan keinginan untuk mengadakan resepsi pernikahan yang mewah dan elegan, sehingga menjadi momen istimewa yang akan terus dikenang.

Ada banyak aspek yang harus diurus sebelum hari-H, mulai dari dekorasi, busana, wedding cake, hingga undangan pernikahan. Untungnya kini ada banyak pilihan model undangan pernikahan yang dengan berbagai harga yang bisa dipilih sesuai dengan bujet yang dimiliki. Salah satu yang memberikan undangan pernikahan kesan mewah dan elegan adalah undangan yang menggunakan bahan beludru untuk mempercantik penampilannya.

Bahannya yang lembut dan warnanya yang rich membuatnya cocok digunakan untuk mempercantik tampilan undangan pernikahan. Harganya memang cukup mahal dibanding undangan pernikahan yang terbuat dari kertas, bukan hanya dipengaruhi oleh kualitas bahannya saja tapi juga waktu dan usaha yang diperlukan untuk membuat undangan pernikahan dalam jumlah yang terbatas.

Proses pembuatannya cukup rumit mengingat permukaan beludru yang mudah rontok sehingga membutuhkan ketelitian dan hati-hati. Untuk undangan pernikahan, biasanya vendor akan menampung keinginan calon pengantin baru kemudian melakukan beberapa revisi. Setelah itu, vendor akan membuatkan contoh undangan untuk memberikan bentuk undangan seperti apa yang akan dipesan.

Begitu mendapat persetujuan dari calon pengantin, baru undangan pernikahan diperbanyak. Awalnya, undangan akan dibuatkan cover dalam bentuk hardcover menggunakan kertas dengan ukuran yang cukup tebal. Baru kemudian ditambahkan kain atau bubuk beludru seperti yang diinginkan.

Setelah selesai, di dalamnya ditempel board yang dilapisi kertas agar ggarapterlihat rapi. Baru kemudian menggarap bagian dalamnya dengan menempelkan kertas akrilik atau jasmine yang berisi informasi akad dan resepsi pernikahan.

Macam-macam Undangan Pernikahan Berbahan Beludru

Ada berbagai undangan pernikahan yang mengombinasikan beludru dan menjadikannya Undangan Pernikahan Kesan Mewah dan Elegan namun bisa disesuaikan dengan tema pernikahan maupun bujet yang dimiliki.

Undangan Premium dengan Cover Beludru

Undangan Pernikahan Kesan Mewah dan Elegan dengan bahan bludru
Undangan Pernikahan Kesan Mewah dan Elegan dengan bahan bludru

Masih ingat dengan pernikahan kedua anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu? Keduanya mencuri perhatiann publik karena dianggap sebagai royal wedding di masanya. Uniknya, kakak beradik ini menggunakan Undangan Pernikahan Kesan Mewah dan Elegan yang hampir sama dengan cover berbahan beludru warna merah dan gunungan wayang yang selaras dengan konsep pernikahan yang menggunakan budaya Jawa.

Bedanya, sang kakak menggunakan beludru warna mewah marun dengan gunungan berwarna emas, sedangkan sang adik memilih undangan premium dengan cover beludru warna merah cerah dan gunungan berwarna perak. Isinya pun cukup mirip, misalnya lembar pertama terselip kartu souvenir sekaligus mengatur jam kedatangan tamu, sedangkan lembar kedua berisi kutipan kitab suci Alquran. Sedangkan di lembar ketiga berisi informasi yang menyebutkan waktu dan lokasi resepsi pernikahan. Terakhir, undangan pernikahan ini dilengkapi dengan denah menuju gedung digelarnya resepsi pernikahan.

Begitu juga dengan pernikahan Kahiyang yang diadakan pada tahun 2017 yang lalu. Di dalam undangan pernikahan berbahan beludru tersebut, ada selembar undangan berbentuk kertas tebal yang bertuliskan isi undangan dan kutipan kitab suci Alquran. Bedanya, undangan Kahiyang tampak lebih sederhana dengan dilengkapi wadah di bagian bawahnya berisi beberapa kertas kecil untuk menukar souvenir, denah lokasi gedung resepsi pernikahan, dan kertas yang lebih besar sebagai identitas tamu yang dipasang di mobil.

Undangan pernikahan ini bisa dijadikan inspirasi bagi calon pengantin yang memiliki konsep pernikahan yang mewah dan elegan. Cukup pilih warna yang diinginkan dan disesuaikan dengan konsep pernikahan yang diusung, misalnya warna hitam, ungu, merah, hijau, hingga biru. Agar tidak terlihat monoton tambahkan hiasan seperti gunungan wayang untuk pernikahan adat Jawa, pita, atau bros kristal yang bikin tampilan undangan pernikahan tampak makin wah.

Baca Juga :  Hemat Budget Pernikahan Dengan Memilih undangan pernikahan kalender

Undangan Premium dengan Embos Beludru

Undangan premium Pernikahan bentuk Mewah & Elegan
Undangan premium Pernikahan bentuk Mewah & Elegan

Tak ingin undangan pernikahanmu tampak terlalu polos hanya dengan kain beludru yang menghiasi bagian cover-nya, calon pengantin bisa memilih embos beludru dengan desain yang diinginkan. Siapa sangka jika teknik embos bisa diaplikasikan bukan hanya pada kertas saja, tapi juga kain dengan bahan yang lembut dan warna yang indah.

Tampilan undangan pernikahan tentunya akan semakin indah dengan detil gelombang, dedaunan, bunga, maupun akar yang menghiasi cover undangan yang menggunakan bahan beludru. Agar tampilannya makin menarik, bisa menambahkan plat logam baik dalam bentuk wayangan atau plat yang berisi inisial nama atau tanggal pernikahan.

Lengkapi dengan penggunaan pita dengan warna yang mencolok agar tampilannya terlihat semakin manis. Untuk amplopnya, calon pengantin bisa memilih menggunakan amplop kertas tertutup atau tertutup sebagian, maupun menggunakan plastik tebal. Hal ini diperlukan untuk mengurangi risiko kerusakan undangan pernikahan karena permukaan beludru yang halus mudah tergores atau rontok karena gesekan yang terlalu kuat.

Undangan Premium dengan Bubuk Beludru

Undangan Pernikahan dengan Kesan Mewah, Elegan dan eksklusif
Undangan Pernikahan dengan Kesan Mewah, Elegan dan eksklusif

Masih membicarakan tentang undangan pernikahan dengan menggunakan tambahan beludru, ada teknik yang cukup disukai dan menjadi tren yang hingga kini masih digandrungi, yaitu flocking. Teknik yang sudah dikenal lama ini bukan hanya digunakan untuk memperindah kartu undangan pernikahan, tapi juga dalam dunia fashion.

Untuk pembuatannya pun cukup rumit karena memerlukan peralatan khusus karena bukan hanya ditaburkan di atas permukaan kertas. Bentangkan kertas yang akan diberikan flocking di atas permukaan yang rata. Cetak dengan bingkai yang sudah dipersiapkan dengan gambar yang dikehendaki. Bukan menggunakan tinta tapi lem khusus untuk membentuk desain gambar yang diinginkan.

Setelah proses pencetakan gambar, baru kemudian menaburkan serbuk flocking di atasnya lalu bersihkan sisa serbuk beludru yang jatuh di luar lem. Tunggu hingga kering dan serbuk flocking menyatu dengan kertas dan membentuk gambar yang indah.

Baca Juga :  4 Kunci Memilih Souvenir yang Bermanfaat dan Timeless

Proses yang rumit dan membutuhkan usaha yang cukup besar membuat biaya pembuatan undangan pernikahan model ini cukup tinggi. Belum lagi jumlah bubuk beludru yang terbuang tentunya meningkatkan biaya produksi. begitu juga waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pemesanan yang dibuat.

Ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam proses flocking, mulai dari ketebalan lem agar tidak terlalu tebal atau terlalu sedikit yang bikin penampilannya jadi terlihat kurang cantik. Selain itu, pengaturan suhu pengering lem pun harus tepat. Jika terlalu panas, flocking akan menjadi keras atau kaki. Sebaliknya jika lem tidak mengering akan mudah terkelupas dan rontok.

Untuk menekan biaya, ada alternatif teknik lain dengan memindahkan flocking yang sudah dicetak sebelumnya di atas kertas transfer kemudian dipindahkan menggunakan mesin press panas. Walau lebih mudah dan murah, warna dan motifnya terbatas dan biasanya kurang terasa lembut dan mudah rontok.

Jika tetap ingin memilih model undangan pernikahan ini, ada baiknya mengombinasikan dengan kertas atau kain beludru untuk menekan biaya. Selain itu, bisa juga menambahkan pita maupun menutupnya dengan amplop dengan warna yang berbeda.

Untuk urusan Undangan Pernikahan Kesan Mewah dan Elegan, Anda tak perlu repot. Serahkan saja pada ahlinya, vendor ternama anariasouvenir.com. Sudah lebih dari satu dekade, vendor anariasouvenir.com melayani jutaan pengantin dari seluruh Nusantara. Produk bisa dipesan melalui Whatsapp yang tertera di website kami atau telp. 031 5484342. Anda juga bisa berkunjung di social media instagaram kami @anaria_wedding untuk mendapatkan update produk kami secara berkala. Happy Wedding 🙂





[INSERT_ELEMENTOR id="10792"]