Tradisi Pernikahan Adat Minang Yang Indah Dan Mewah

Tradisi Pernikahan Adat Minang

Tradisi Pernikahan Adat Minang – Pernikahan adat Minang yang begitu kental bisa dipilih untuk menjunjung tinggi tradisi Minang. Dan untuk anda yang sangat menginginkan pernikahan dengan menggunakan tradisi Minang, maka di bawah ini akan dipaparkan untuk anda pembahasannya.

Tradisi pernikahan Minang

Dengan mengusung pernikahan tradisional, maka anda akan mendapatkan berbagai keunikan di dalamnya. Selain menjunjung tradisi yang ada, tentunya pernikahan yang dilakukan akan melibatkan hampir dari seluruh keluarga dari masing-masing mempelai. Salah satu yang bisa dilihat adalah pada pernikahan Minang.

Maresek

Maresek yang terdapat di dalam tradisi Minangkabau adalah tahapan mendatangi pihak pemuda yang hendak dijodohkan dengan anak perempuan. Proses ini biasanya dilakukan dengan sangat rahasia antara keluarga perempuan dan mamak laki-laki.

Maminang dan Maantaan Tando

Adalah proses pengantarkan tanda pengikat oleh pihak calon pengantin wanita kepada pihak calon pengantin dari laki-laki.

Mahanta Siriah/Minta izin

Maka tahap selanjutnya adalah calon mempelai pria maupun calon mempelai wanita akan memohon restu mengenai rencana pernikahan kepada keluarga hingga para sesepuh yang dihormati.

Babako-babaki

Inilah merupakan tradisi Minangkabau yang memperlihatkan kasih sayang maupun dukungan pihak keluarga ayah sebagai calon pengantin wanita. Hal ini diwujudkan dengan ikut membantu dalam memikul biaya pernikahan sesuai kesanggupan.

Malam Bainai

Bainai dapat berarti melekatkan tumbukan halus dari daun pacar merah di kuku calon pengantin wanita. Hal ini dilakukan sebagai simbol kasih sayang dari para sesepuh keluarga calon pengantin wanita kepada calon pengantin.

Baca Juga :  Telitilah Memilih souvenir ekslusif kantor Agar Tak Kecewakan Konsumen

Manjaipuik Marapulai

Merupakan acara adat paling penting dari seluruh rangkaian acara perkawinan. Calon pengantin pria akan dijemput, dan selanjutnya dibawa ke rumah mempelai wanita guna melangsungkan akad nikah.

Penyambutan di rumah anak daro

Tentunya penjemputan calon mempelai pria beserta rombongan ke halaman rumah calon mempelai wanita menjadi sebuah acara besar. Terlebih lagi acara yang dilakukan adalah di kediaman calon pengantin wanita.

Basandiang di pelaminan

Seusai akad nikah, terdapat lima acara yang lazim dilakukan pada kebudayaan Minang, mulai dari memulang tanda, kemudian mengumumkan gelar untuk pengantin pria, mengadu kening, kemudian mengeruk nasi kuning, hingga bermain coki.

Manjalang dan Mahanta Nasi

Acara yang berlanjut setelah menggelar acara besar, yaitu setelah bersanding di pelaminan adalah Manjalang dan Mahanta Nasi. Seminggu setelah berlangsungnya akad nikah, maka pada hari jum’at sore umumnya kedua mempelai membawa berbagai makanan ke rumah orang tua dan ninik mamak pengantin pria, yang selanjutnya di susun di atas dulang yang tinggi untuk dibawa dengan dijunjung di atas kepala.

Undangan Pernikahan tema Minang

Pada dasarnya kartu undangan pernikahan dari setiap daerah memiliki cirinya masing-masing supaya budaya hingga adat yang terdapat di daerah tersebut tidak cepat luntur dimakan oleh jaman. Salah satunya adalah Minang. Tentunya Minang sangat terkenal dengan rumah adatnya, yaitu rumah gadang. Tidak hanya rumah gadang, tetapi di daerah ini juga sangat terkenal dengan tariannya. Bahkan, ada banyak calon pengantin yang memilih kartu undangan dengan desain dan corak seperti rumah gadang.

Selain ditandai dengan rumah gadang, tentunya undangan pengantin yang bertemakan Minang biasanya memakai paduan warna silver, emas, hingga merah. Dengan adanya warna-warna seperti ini tentunya akan memberikan efek yang bersinar dan elegan terhadap kartu undangan pernikahan. Tentunya anda bisa meggunakan rumah gadang ini sebagai penopang cover luar dari kartu undangan, dengan begitu akan terlihat bentuk dari rumah gadang. Tidak hanya digunakan sebagai penopang saja, tetapi rumah gadang juga dapat digunakan sebagai ornamen pada halaman depan dari kartu undangan. Selain itu, anda juga bisa menggunakan rumah gadang ini sebagai background pada halaman utama di undangan pernikahan.

Baca Juga :  Pembungkus Untuk Souvenir Pernikahanmu, Inilah Tipsnya!

Souvenir Pernikahan tema Minang

Walaupun saat ini telah terjadinya akulturasi serta asimilasi budaya yang ada di Indonesia, tentunya hal ini tidak menyurutkan masyarakat Indonesia untuk menyelenggarakan acara pernikahan dengan budaya dan adat dari masing-masing daerah. Salah satu budaya Indonesia yang sudah begitu terkenal adalah budaya Minang. Sebelumnya, Minang telah dikenal sebagai salah satu kebudayaan yang menawarkan berbagai hal yang menarik, mulai dari makanan khas Minang, adat istiadatnya yang berbeda dari kebudayaan lainnya yang ada di Indonesia, hingga pakaian adatnya.

Dikarenakan budayanya yang sangat populer, maka salah satu hal di dalamnya yang tidak kalah populer adalah acara pernikahannya. Agar dapat menyelenggarakan acara pernikahan adat Minang dengan sukses, maka anda perlu mengetahui seperti apa acara pernikahan yang dilakukan menggunakan adat Minang, dengan begitu anda bisa membuat perencanaan dengan baik juga. Salah satu hal pokok yang terdapat di dalam pesta pernikahan adalah souvenir pernikahan.

Pastinya anda akan bertanya-tanya bukan seperti apakah souvenir pernikahan dengan mengusung tema adat Minang? Pada dasarnya souvenir pernikahan yang mengusung adat Minang sama saja dengan souvenir pernikahan pada umumnya. Perbedaannya hanya pada kebudayaan Minang yang begitu diangkat pada souvenir pernikahan. Hal inilah yang menjadikan souvenir pernikahan anda semakin unggul dan unik dikarenakan memperlihatkan dengan jelas kebudayaan dari Minang.

Salah satu souvenir yang bisa anda pilih yang bertemakan Minang adalah miniature sepasang suami istri yang telah melangsungkan pernikahan dengan menggunakan adat Minang yang lengkap dengan mengenakan pakaian adat Minang. Tentunya selain unik, hal ini akan terlihat lucu bukan? Selain itu, anda juga bisa memberikan sentuhan lain dengan menggoreskan nama anda dan pasangan di souvenir pernikahan adat Minang.

Baca Juga :  Ide Souvenir Bermanfaat yang Bakal Warnai Pernikahanmu