Pesona Tradisi Upacara Pernikahan Suku Kutai, Kalimantan Timur

Pesona Tradisi Upacara Pernikahan Suku Kutai, Kalimantan Timur

Souvenir Eksklusif, Souvenir Pernikahan Eksklusif

Souvenir Pernikahan Mewah – Upacara pernikahan bagi Suku Kutai, Kalimantan Timur merupakan salah satu bagian dari adat – istiadat yang disakralkan. Tidak jarang, pernikahan para bangsawan dan keluarga keturunan Sultan Kutai dapat berlangsung hingga sepuluh hari. Bahkan, ada yang bisa berjalan selama 14 hari atau dua pekan.

Sudah pasti kemewahan dan nuansa glamor menjadi salah satu atmosfer yang tak terbendung. Mulai dari pelaminan, dekorasi ruangan resepsi, hingga Souvenir Pernikahan Exclusive, semua tampak elegan. Adapun rangkaian prosesi mengikat janji suci bagi Suku Kutai di Kalimantan Timur dibagi dalam beberapa ceremonial sebagai berikut:

Upacara Bepacar

Prosesi adat pernikahan Suku Kutai diawali dengan prosesi Upacara Bepacar. Pacar atau anai – anai terbuat dari daun pacar yang sudah ditumbuk halus dan dicampur sedikit air. Kemudian, dibentuk bulat kecil seukuran kelereng. Pacar akan ditempelkan pada ujung jari telunjuk dan jari manis kedua mempelai dan dibiarkan selama 6 jam. Setelah dibersihkan, warna yang merah terang akan menghias jari – jemari pengantin.

Selama prosesi berjalan, pacar ditempatkan dalam sebuah wadah khusus tradisional yang antik. Kemudian, wadah tempat menampung pacar ini akan dibawa ke rumah masing – masing mempelai dengan diarak kemeriahan barisan rebana atau hadrah.

Semarak tabuhan rebana mengawali pesta pernikahan yang akan segera dilangsungkan.

Upacara Mendi-mendi

Pada prosesi Upacara Mendi –mendi, sang pengantin akan dilakukan prosesi siraman menggunakan air bunga yang ditambahkan dedaunan beraroma wangi. Di rumah mempelai wanita, siraman dilakukan oleh orang tua dan para pini sepuh. Sementara, di rumah pengantin pria juga melakukan hal yang sama.

Prosesi Mendi – mendi, dilakukan untuk membersihkan jiwa dan raga kedua mempelai yang akan mengawali diri membina rumah tangga. Selain itu, rangkaian siraman juga menolak segala bentuk kesialan dan memberikan kesuburan dalam kehidupan kedua mempelai.

Upacara Bealis

Rangkaian adat selanjutnya, kedua mempelai menggunakan pakaian adat tradisional Suku Kutai dan ditempatkan di sebuah tilam kesturi. Pakaian adat Suku Kutai sendiri terlihat sangat elegan dan mewah. Didominasi dengan warna dasar hitam dan berbagai aplikasi serta ornamen berwarna – warni yang eye catching dan semarak.

Upacara Bealis adalah prosesi untuk memberikan warna alis dengan pensil alis kepada calon mempelai wanita dari para sesepuh keluarga. Sedangkan, mempelai pria dilakukan oleh para sesepuh pria dari keluarganya.

Hal ini sebagai simbol atau syarat saja dan tidak terlalu tebal. Selanjutnya, kedua mempelai akan disuapi oleh orang tuanya berupa kelapa dan gula merah. Sebagai lambang untuk membekali pengantin kehidupan yang manis dan legit. Setelah itu, pengantin juga ditaburi beras kuning yang melambangkan kekayaan dan kemakmuran.

Upacara Naik pengantin

Semakin dekat dengan puncak prosesi adalah Upacara Naik Pengantin. Pada rangkaian ini, pengantin pria akan diiring menuju tempat kediaman mempelai wanita. Para pengiring membawa serta seserahan dan segala pernak – pernik berupa “lawa cinde” dan “lawa bokor” sebagai persyaratan menuju ke pelaminan.

Upacara Geta

Setelah dipertemukan, kedua mempelai didudukkan sambil berhadap – hadapan. Kedua mempelai saling menukar bunga yang sudah digenggam sebelumnya dan menyuapi sirih yang dilipat. Menariknya, keduanya juga dikurung dalam lembaran kain sarung, besaong lilin serta beradu berdiri.

Kemudian, kedua mempelai menjalani prosesi pembacaan tersul, yaitu syair pujian untuk pernikahan tradisional Kutai.

Upacara Naik Mentuha

Pada proses Naik Mentuha, kedua mempelai pengantin diarak menuju tempat orang tua dan mencuci kaki orangtuanya di atas cobek batu. Hal ini untuk meminta doa restu kedua orang tua mereka.

***

Menciptakan pernikahan yang sakral dan berkesan sesuai adat tradisi di lingkungan tempat tinggal merupakan salah satu wujud melestarikan budaya yang adiluhur. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan segala kebutuhan pernikahan dengan sempurna.

Tak terkecuali, untuk urusan menyediakan souvenir pernikahan eksklusif. Anaria-wedding.com sebagai vendor yang menyediakan souvenir pernikahan eksklusif, mahar dan seserahan, undangan serta bahan souvenir hadir membantu Anda mewujudkan pernikahan yang elegan dan eksklusif sesuai kebutuhan dan budget. Hubungi customer care anariasouvenir.com : 0812 7537 5986 untuk berkonsultasi dan merancang pernikahan terindah impian Anda.

Happy wedding…

Hi Bride To Be ...
Daftarkan emailmu disini ! Gratis. Dapatkan promo terbatas khusus untukmu dan cashback / discount hingga 25%
We hate spam too. Your email address will not be sold 🙂