Manakah yang Lebih Penting Usai Pernikahan, Membeli Mobil Atau Rumah?

Manakah yang Lebih Penting Usai Pernikahan, Membeli Mobil Atau Rumah?

aneka souvenir pernikahan – Memasuki jenjang pernikahan pastinya pengeluaran bulanan juga akan semakin meningkat. Mulai dari pengeluaran rumah tangga, biaya persiapan pendidikan anak, kebutuhan darurat hinga proteksi keluarga. Karena inilah banyak pasangan keluarga baru yang mengalami dilema ketika dihadapkan pada pilihan antara membeli rumah atau mobil dulu.

Rumah memang merupakan kebutuhan pokok utama sebagai terpenuhinya syarat hunian yang nyaman. Tapi di sisi lain, mobil juga diperlukan sebagai alat transportasi yang praktis di negara ini. Untuk itu, para pasangan pengantin baru sebaiknya perlu mengetahui apa yang menjadi prioritas kalian demi kebaikan rumah tangga. Yuk, coba lihat ilustrasi di bawah ini.

Lihat Kebutuhanmu

Jangan hanya berpihak pada keinginan semata saja tapi coba diskusikan dengan pasangan dan lihat apa yang menjadi kebutuhan utamamu saat ini. Kalau memang mobil diperlukan untuk mendukung pekerjaanmu atau bisa mendatangkan penghasilan tambahan bolehlah menempatkannya sebagai prioritas. Tapi kalau bosan pindah-pindah kontrakan maka sebaiknya kalian menabung untuk uang muka KPR.

Perhatikan Cash Flow Bulanan

Kalau sudah diputuskan akhirnya akan membeli yang mana maka sekarang saatnya untuk menghitung cash flow bulanan. Apakah pendapatan bulanan kalian berdua sudah cukup untuk menutupi kebutuhan rumah tangga beserta cicilan mobil atau tumah. Kalau belum, maka yang perlu dilakukan adalah mencari penghasilan tambahan atau menurunkan standar mobil atau rumah yang akan dibeli.

Bandingkan Biayanya

Cicilan rumah memang sekilas terlihat lebih mahal dan tentunya bisa lebih lama jangka waktu kreditnya dibandingkan dengan mobil. Tapi jangan lupa kalau mobil juga memerlukan biaya perawatan rutin di luar bensin dan pastinya ada pajak tahunan juga yang perlu dibayar. Bahkan dalam setahun kamu bisa mengeluarkan sedikitnya 30 jutaan atau 2,5 juta per bulan.

Manfaatkan Rumah Subsidi Pemerintah

Kalau kamu memang memilih rumah maka program pemerintah yang satu ini bisa menjadi pilihan yang menggiurkan. Di berbagai daerah pemerintah sudah menyediakan banyak rumah subsidi dengan harga yang murah.

Dengan uang sebesar 100 juta-an kamu bisa memiliki rumah dengan luas tanah 60 meter persegi dan luas bangunan sekitar 30 meter persegi. Dan angsuran per bulannya pun ringan hanya 700 ribu hingga 1 juta saja untuk tenor 20 tahun.

Mana Yang Lebih Baik Sebagai Instrumen Investasi

Rumah dan mobil memang bisa dibilang termasuk aset kekayaan yang bisa digunakan untuk investasi jangka panjang. Kalau kamu memilih membeli mobil kamu bisa menggunakannya untuk mencari uang tambahan sebagai driver taksi online, atau membuka bisnis antar jemput anak sekolah. Tapi rumah juga bisa kok dijadikan investasi yang mendatangkan uang tambahan. Kalau ada kelebihan kamar di rumahmu kamu bisa menyewakannya.

Opsi Untuk Dana Terbatas

Anggaplah kalian memiliki tabungan sebesar Rp100 juta, maka mana yang akan lebih dulu kalian beli? Tentunya mustahil untuk membeli mobil baru karena yang paling murah sekalipun sekarang berharga lebih dari itu.

Paling banter kalian menggunakannya sebagai uang muka pembelian. Rumahpun tidak murah tapi uang muka Rp100 juta akan sangat membantu untuk menurunkan tingkat bunga yang harus dibayarkan tiap bulannya. Bahkan kalau kalian beruntung mendapatkan rumah subsidi seperti disinggung di atas maka hanya kurang sedikit lagi untuk memiliki rumah keluarga.

Harga Jual Kembali Yang Berbanding Terbalik

Ini adalah poin paling penting yang harus menjadi pertimbangan terutama kalau kamu berencana menjadikan rumah atau mobil menjadi simpanan. Sudah menjadi rahasia umum kalau harga jual mobil akan semakin menurun seiring berjalannya tahun. Tapi berbeda dengan rumah yang harganya malah bisa menjadi 2 hingga 3 kali lipat setelah beberapa tahun.

Jadi sudah kelihatan bukan kalau rumah memiliki poin keuntungan yang lebih banyak kalau dibandingkan dengan membeli mobil, baik dari nilai fungsionalitas maupun nilai investasi yang didapatkan.

Nah, ini saat yang tepat untuk mulai menghemat bujet, bahkan jika perlu sebelum memutuskan untuk menikah. Ada berbagai faktor yang bisa ditekan, terutama saat persiapan pernikahan. Bagi yang berdomisili di Surabaya, ini saatnya mulai mencari souvenir yang murah, namun unik. Kamu bisa membuat sendiri cinderamata pernikahan dari bahan terjangkau untuk menekan anggaran nikah.

Ketimbang memberikan benda yang hanya bisa dipajang, lebih baik pilih aneka souvenir pernikahan yang bermanfaat. Misalnya seperti handuk, mug, hingga alat makan pun bisa dijadikan pilihan tepat. Nah, bagi calon  pengantin di Surabaya yang kesulitan mencari  ide  atau inspirasi cinderamata bagi tamu, kunjungi saja ke anaria-wedding.com yang menawarkan aneka souvenir pernikahan dengan harga terjangkau. Segera hubungi di nomor 0812 7537 5986 untuk info lebih lanjut.

aneka souvenir pernikahan

Hi Bride To Be ...
Daftarkan emailmu disini dan jadilah yang pertama mengetahui informasi promo produk dari Anaria Wedding. Selain itu, anda juga akan mendapatkan informasi bermanfaat seputar persiapan pernikahan anda.
We hate spam. Your email address will not be sold