Wow, Ternyata Begini Step by Step Bikin Kreasi Mahar Masjid Dari Uang Kertas

Mahar Masjid Dari Uang  – Saat ini berbagai model desain mahar pernikahan disajikan saat acara prosesi pernikahan, dengan banyaknya pilihan desain bermacam-macam membuat anda semakin banyak pilihan dalam menentuklan model mahar pernikahan. Model mahar islami menjadi model mahar yang paling digemari, model mahar dengan simbol seperti masjid, kaligrafi, dan asma Allah. model mahar islami ini mencerminkan harapan do’a agar acara prosesi akad nikah menjadi khusyuk serta pernikahan langgeng, sakinah, mawadah, warrahmah.

Kali ini saya akan berbagi cara membuat Mahar Masjid Dari Uang dengan mudah, berikut tutorialnya:

Mahar Masjid Dari Uang Kertas

1.     Persiapan alat dan bahan

Sebelum membahas Cara Membuat Mahar Masjid Dari Uang, Siapkan alat-alat dan bahan utama dalam pembuatan mahar seperti: lem tembak, dobel tip, gunting, kain, pigura, dan tentunya uang kertas sebagai mahar.

2.     Sesuaikan nominal maskawin

Tentukan berapa jumlah nominal mahar yang akan anda gunakan saat prosesi akad, misalnya anda akan mempergunakan uang pecahan koin, atau pecahan 50ribuan, juga pecahan 100ribuan, dan yang lain nya. Bila anda menghias mahar dengan membebaskan jumlah nominal mahar akan menjadi mudah saat digunakan karena tidak tergantung jumlah nominal uang.

3.     Pahami desain pilihan

Jika suatu konsep mahar masjid belum pernah ada, silahkan anda sket dalam media yang akan digunakan sebagai penempelan mahar sebelum merangkai design masjid, pahami dulu konsep dari hiasan mahar tersebut.

4.     Membuat bagian dari model

Bila proses pemahaman tema desain masjid sudah dimengerti, silahkan anda membuat bagian ornamen dari setiap bentuk masjid seperti : tiang, atap, lantai, tangga, dan pintu, serta hiasan lainnya. Bila suatu ornamen membutuhkan uang yang banyak, maka gunakanlah pecahan uang seribu, 2ribu, 5ribu, bila dalam ornamen hanya membutuhkan uang sedikit, maka gunakanlah pecahan 10ribu, 20ribu, 50ribu, dan 100ribu.

5.     Membuat kubah

Buatlah lipatan kubah masjid, berapa jumlah yang dibutuhkan, serta seberapa ukuran besar kecilnya kubah masjid. Usahakan lipatan  terlihat menonjol agar nominal uang tersebut tampak terlihat lebih menarik.

6.     Membuat pagar

Buatlah pagar dengan menggunakan uang dengan cara dilipat atau bisa juga dengan cara digulung. Ingat!!! Dalam mendesain uang mahar kita dilarang untuk merusak / menggunting uang asli karena terdapat undang-undang yang mengaturnya, kecuali uang yang digunakan adalah uang mainan, jadi berhati-hatilah dalam menggulung / melipat.

7.     Membuat menara

Sama seperti langkah diatas kita bisa membuat menara dengan car dilipat atau digulu. Kali ini saya akan memakai cara dilipat agar sesuai dengan tiang masjid yang kebanyakan berbentuk silinder.

8.     Konsep pada bingkai

Setelah semua ornamen mahar masjid  (kubah, tiang, pagar,dll) selesai, maka sebelum anda lem susunlah konsep yang akan anda buat, atur dengan cara mencari susunan yang cantik supaya enak dilihat.

9.     Penempelan pada bingkai

Jika anda sudah mantap dengan konsep yang dibuat, langkah selanjutnya adalah merakitnya dengan lem tembak. Hindari perbaikan dari pencopotan ornamen karena dapat menimbulkan kerusakan dari penampilan uang mahar tersebut.

10. Pengecekan maskawin

Setelah langkah perakitan sudah selesai, langkah selanjutnya yakni mengecek nama dari mempelai pengantin, seperti tanggal pernikahan, serta nominal mahar, apakah sudah benar atau masih ada kesalahan.

11. Menghias maskawin

Supaya lebih terlihat menarik, hias ornamen mahar masjid dengan bantuan manik-manik dan hiasan cantik dengan berbagai macam yang bisa anda dapatkan dengan mudah di Toko manik-manik ataupun toko bahan alat jahit. Hiaslah secukupnya, hindari hiasan dengan berlebihan, kalau bisa sederhana tapi elegan.

12. Pengecekan ulang

Sebelum menginjak tahap akhir, cek keseluruhan dengan detail apa sudah benar pekerjaan yang kita lakukan, karena biasanya saat barang sudah di pasang dipigura, hal-hal sepele bisa terlupakan, seperti salah tanggal, salah penempatan, salah nama, dll.

13. Finishing

Mahar  sudah siap dipasang di pigura. Pilihlah pigura yang cocok dengan desain mahar, misalnya mahar yang identik dengan warna coklat atau emas, carilah pigura atau bingkai dengan warna emas.

Demikian cara membuat Mahar Masjid Dari Uang kertas, silahkan anda mencoba, dan semoga artikel Cara Membuat Mahar Masjid ini dapat bermanfaat sebagai refrensi model mahar pernikahan untuk anda yang akan melangsungkan pernikahan.

Hi Bride To Be ...
Daftarkan emailmu disini dan jadilah yang pertama mengetahui informasi promo produk dari Anaria Wedding. Selain itu, anda juga akan mendapatkan informasi bermanfaat seputar persiapan pernikahan anda.
We hate spam. Your email address will not be sold