hiasan hantaran pernikahan Untuk Lamaran Adat Cina dan Papua

hiasan hantaran pernikahan Untuk Lamaran Adat Cina dan Papua

hiasan hantaran pernikahan – Menurut adat Tionghoa, pernikahan tak lengkap tanpa dilakukan prosesi lamaran atau hantaran.

Satu minggu sebelum acara pernikahan, proses lamaran bagi pengantin adat Cina akan dilangsungkan. Pihak mempelai pria dan keluarganya akan memberikan berbagai macam barang yang menjadi simbol dan doa agar pengantin senantiasa langgeng, subur dan bahagia.

Mengandung nominal 9 dan 8

Menariknya, hantaran nikah dalam tradisi Tionghoa mengandung nominal 8 (fat) dan 9 (jiu). Dua angka ini dipercaya merupakan kuncu dari kebahagiaan kedua mempelai. Contoh barang  yang akan dipersembahkan kepada sang mempelai wanita seperti perhiasan emas, peralatan mandi, buah segar dan kue tradisional serta sepasang kaki babi.

Dilakukan saat bulan purnama

Dalam lamaran adat Tionghoa, masyarakat etnis Cina juga meyakini bila pernikahan akan jauh lebih baik jika  diadakan saat bulan naik atau menjelang bulan purnama.

Pada saat itu, kedua keluarga akan menentukan tanggal pernikahan dan memberikan seserahan. Selanjutnya, tiga hari sebelum pernikahan. Pihak keluarga mempelai pria akan berkunjung ke rumah pengantin wanita untuk menghias kamar pengantin.

Sang mempelai wanita juga bisa mengadakan pesta bujang yang dihadiri oleh teman – temannya yang belum menikah. Pesta ini dijadikan sarana bagi yang masih jomblo untuk mencari pasangan atau pacar.

12 jenis masakan

hiasan hantaran pernikahan

Proses pernikahan juga bisa dipilih di kediaman mempelai pria, sehingga harus menjemput dahulu pengantin wanita di rumahnya.

Kemudian, untuk hidangan pernikahan, para tamu disuguhi 12 macam sayuran dan masakan sebagai simbol dinamika kehidupan yang akan dijalani kedua mempelai penuh dengan suka – duka yang harus dijalani berdua.

Persiapan Menikah Adat Suku Biak Papua

Sama seperti pernikahan adat pada umumnya, suku Biak Papua juga mengadakan prosesi lamaran ketika mempersiapkan pernikahan.

Pihak mempelai pria akan datang ke rumah pihak keluarga mempelai wanita untuk melamar. Mereka juga membawa hantaran pernikahan berupa perhiasan yang terbuat dari manik – manik yang menjadi simbol tanda perkenalan di antara keluarga.

Sementara, untuk jumlah perhiasan atau yang kerap disebut Kaken, tidak memberatkan sang calon suami. Atau bisa dibicarakan sesuai kondisi ekonomi mempelai.

Mas kawin pernikahan suku Biak Papua

Untuk meminang wanita dari suku Biak Papua, mas kawin ditentukan oleh pihak keluarga mempelai wanita. Sedangkan, kapan si mempelai pria harus menyerahkan mas kawin bisa dimusyawarahkan bersama.

Untuk memberikan hantaran pernikahan ini dilakukan prosesi adat yang cukup meriah. Dari kerabat dan keluarga akan berkumpul untuk mengarak sambil mendendangkan lagu – lagu daerah dan menari.

Jika proses penyerahan mas kawin usai dilakukan, status sosial calon mempelai pria seketika akan langsung lebih disegani dan dihormati dari sebelumnya.

Samrem

Selanjutnya, sebelum pernikahan. Keluarga dari kedua mempelai akan mengadakan acara makan bersama. Acara yang disebut dengan Samrem ini biasanya dihadiri oleh para kerabat laki – laki dari ibu. Tujuan dari Samrem untuk saling mengenal dari kedua keluarga.

Setelah itu, keesokan harinya, pengantin wanita akan dirias secantik mungkin untuk dijemput ke rumah mempelai pria dengan arak – arakan pengantin.

Sesampainya di rumah calon mempelai pria, pengantin wanita akan melakukan penukaran mas kawin dengan uang.

Tak hanya barter uang, pihak keluarga mempelai wanita juga memberikan senjata lengkap berupa seperangkat tombak, panah dan parang kepada mempelai pria yang disebut Asyawer.

Ritual ini kemudian akan dilanjutkan oleh tetua adat di kampung suku Biak Papua.

***

Dengan mengenali dan memahami beberapa adat pernikahan suku  – suku di tanah air, tentu akan lebih mudah bagi para jomblo untuk meminang sang pujaan hati.

Bicara tentang meminang, kebanyakan pernikahan adat di Indonesia masih melaksanakan prosesi lamaran atau seserahan yang diberikan untuk menambah kebahagiaan sang calon mempelai wanita.

Oleh karena itu, seserahan atau hantaran pernikahan perlu dihias serapi dan sespesial mungkin agar tampil lebih menawan dan fotogenik di mata lensa kamera.

Serahkan urusan hiasan hantaran pernikahan untuk acara lamaran atau pernikahan Anda kepada ahlinya, Anaria Wedding.

Dapatkan berbagai inspirasi hiasan hantaran pernikahan yang unik dan cantik dengan mengunjungi website www.anariasouvenir.com.

Bila Anda ingin menggunakan jasa kami, hubungi tim customer care di nomor 0812 7537 5986 melalui WA atau LINE.

Hi Bride To Be ...
Daftarkan emailmu disini dan jadilah yang pertama mengetahui informasi promo produk dari Anaria Wedding. Selain itu, anda juga akan mendapatkan informasi bermanfaat seputar persiapan pernikahan anda.
We hate spam. Your email address will not be sold