Bukan Pamer Harta, Hantaran Pernikahan Miliki Makna Terselubung

Bukan Pamer Harta, Hantaran Pernikahan Miliki Makna Terselubung

hantaran pernikahan  – Dalam prosesi lamaran, ada satu hal yang harus dipersiapkan oleh calon pengantin laki-laki yang nantinya diberikan langsung ke keluarga calon penganti wanita yang dikenal dengan hantaran pernikahan. Dikemas unik, mewah, dan eksklusif, isinya bukan hanya seakdar ungkapan cinta, tapi juga menjadi simbol tanggung jawab pria yang akan resmi jadi suami dan pemimpin keluarga.

Kini, benda-benda yang dibawa ini dipilih sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan calon istri. Ternyata, tidak banyak yang tahu jika hantaran atau seserahan pun punya makna tersendiri. Ulik satu per satu, yuk!

Seperangkat alat sholat

Hantaran Pernikahan

Bagi pasangan muslim, seserahan pernikahan berisi Al-Quran, mukena, sajadah, dan tasbih ini masuk dalam daftar wajib seserahan saat lamaran. Hal ini dianggap sebagai simbol pernikahan yang akan dilangsungkan senantiasa memegang teguh nilai-nilai agama. Selain itu, juga menjadi pengingat akan kebesaran Tuhan.

Set Perhiasan

Hantaran Pernikahan

Seserahan pernikahan yang sering ditunggu-tunggu oleh calon pengantin wanita adalah perhiasan berupa cincin, kalung, liontin, anting, maupun gelang. Berat maupun jenisnya disesuaikan dengan kemampuan calon pengantin pria tapi sebaiknya terbuat dari emas atau berlian. Hal ini mengandung makna calon mempelai perempuan selalu bersinar dan tidak akan mengecewakan keluarganya.

Setel Pakaian

Hantaran Pernikahan

Buat yang menganut adat Jawa, busana yang diberikan biasanya berupa kebaya dan kain bermotif batik. Hal ini dimengandung harapan agar hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan rumah tangga dapat disimpan dengan baik, tanpa harus mengumbar aib yang bisa membawa perpecahan dalam keluarga. Selain pakaian adat, ada juga yang memberikan pakaian kerja, pakaian santai, bahkan pakaian dalam.

Makeup dan Skincare

Hantaran Pernikahan

Hantaran untuk pernikahan lainnya yang biasanya diberikan adalah peralatan rias dan produk perawatan tubuh seperti sabun, sampo, body lotion hingga parfum. Barang-barang ini diberikan agar sang istri bisa menjaga pebampilan dan terlihat senantiasa cantik di depan sang suami.

Alas Kaki

Hantaran Pernikahan

Sepatu, selop, atau sandal yang seringkali dipilih sendiri oleh calon pengantin perempuan ini ternyata punya makna tersendiri. Di balik bentuknya yang mempercantik penampilan sang calon istri, juga memiliki harapan agar pasangan pengantin dapat menapaki kehidupan rumah tangga bersama-sama dan tetap berada di jalan yang lurus. Biasanya seserahan pernikahan ini dipadukan dengan tas agar alas seserahan tidak tampak terlalu kosong.

Tas

Hantaran Pernikahan

Ini dia barang yang biasanya menemani sepatu atau sandal. Selain dikemas bersamaan, terkadang tas juga dipajang terpisah. Tapi hal tersebut tidak jadi masalah karena makna yang diberikan sama, yaitu menunjukkan kemampuan calon mempelai pria untuk membiayai keperluan sang istri, termasuk membeli aksesoris seperti tas.

Makanan Tradisional

Biasanya dalam adat Jawa, seserahan pernikahan berupa jajanan tradisional tidak pernah dilupakan. Kuliner yang dipilih biasanya memiliki tekstur basah dan lengket seperti kue lapis, lemper, maupun jenang. Masih banyak masyarakat yang percaya jika hal ini akan membuat pasangan pengantin tetap lengket dan silaturahmi antara keluarga pun berlangsung erat selamanya.

Buah-Buahan Segar

Selain jajanan tradisional, buah-buahan segar yang seringkali ditata cantik dalam keranjang parsel ini juga punya harapan tersendiri. Rangkaian buah jeruk, pisang, apel, dan anggur ini menjadi simbol bagi pasangan yang akan menikah untuk memberikan kelimpahan bagi orang-orang di sekitarnya.

Daun Suruh Ayu

Dalam seserahan pernikahan yang kental dengan adat Jawa, memberikan daun suruh ayu artinya mendoakan keselamatan dan kebahagiaan kedua calon mempelai. Hal ini juga diharapkan membantu kelancaran pasangan pengantin untuk menjalani kehidupan baru yang akan datang.

Satu Set Cincin Pernikahan

Hantaran Pernikahan

Cincin pernikahan untuk pengantin pria dan pengantin wanita biasanya diletakkan dalam satu tempat bersama. Satu set cincin ini juga wajib masuk dalam hantaran pernikahan, debagai simbol pengikat hubungan kedua pasangan agar dapat terus bersama selamanya.

Kebiasaan memberikan hantaran untuk pernikahan ini berbeda-beda tergantung adat pernikahan yang digunakan dan kemampuan sang calon pengantin laki-laki. Agar terlihat lebih cantik, biasanya seserahan ini dikemas dalam baki atau wadah yang tampak mewah dan elegan. Tidak perlu repot, serahkan saja pada anariasouvenir.com atau hubungi 0812 7537 5986 untuk detil informasi yang lebih lengkap bersama tim customer care yang ramah dan siap membantu.

Hi Bride To Be ...
Daftarkan emailmu disini dan jadilah yang pertama mengetahui informasi promo produk dari Anaria Wedding. Selain itu, anda juga akan mendapatkan informasi bermanfaat seputar persiapan pernikahan anda.
We hate spam. Your email address will not be sold