Terpopuler:

Tips Menentukan Jumlah Tamu Undangan

23 December 2016 - Kategori Blog

0812 7537 5986 , Undangan Pernikahan Notebook

Menentukan jumlah tamu undangan bisa dikatakan menjadi hal sulit untuk dilakukan. Terlebih jika orangtua Anda memiliki banyak kerabat, kolega, dan klien. Begitu pun dengan Anda dan pasangan yang memiliki kehidupan pertemanan luas. Masalah ini pun semakin besar saat dibatasi oleh biaya pernikahan yang sudah ditentukan seperti saat pemesanan Undangan Pernikahan, Souvenir pernikahan hingga Catering.

Ingin tau cara menentukan jumlah tamu undangan sekaligus meringkasnya tanpa ada satu pihak yang kecewa? Berikut ini tipsnya :

  • Mulai dengan Membuat Persentase
    Setelah menentukan venue pernikahan, maka mulailah membuat persentase tamu undangan. Misalnya : 50% untuk tamu sang calon pengantin, 25% untuk masing-masing orangtua pengantin. Namun jika orangtua Anda yang membiayai pernikahan ini, memang sudah kewajiban Anda untuk mengalah. Membiarkan orangtua menentukan sendiri jumlah tamu undangannya, dan Anda mendapatkan “kuota sisa” undangan.
  • Membuat Tingkatan Tamu
    Buatlah tingkatan kepentingan tamu dan seberapa dekatnya Anda dengan mereka. Misalnya, urutan pertama itu keluarga dekat dan terpenting, lalu teman dekat, baru kolega. Dengan membuat tingkatan ini Anda tidak akan merasa bersalah jika harus menghapus nama yang dikira tidak terlalu dekat dan menghabiskan “kuota” jumlah undangan Anda.
  • Tes “Satu Tahun” yang Terdekat
    Jika masih bingung dengan tingkatan tamu tersebut, maka buatlah tes “satu tahun”. Siapa saja yang dekat dengan Anda satu tahun kebelakang ini. Dan siapa saja teman lama yang masih berhubungan dengan Anda di satu tahun kebelakang ini. Jika teman Anda masih dekat dan berhubungan dalam satu tahun kebelakang ini maka ia bisa dimasukkan dalam daftar tamu undangan.
  • Tinggalkan Rasa Bersalah
    Jangan mengundang seseorang karena merasa bersalah atau tidak enak. Jika seseorang tersebut berada di tingkatan yang jauh dalam daftar tamu Anda maka sebaiknya memang dicoret dalam daftar. Jika nantinya ada orang yang tidak diundang bertanya, maka Anda bisa memberikan pengertian dan meminta maaf mengingat terbatasnya jumlah undangan.

Dalam menentukan jumlah undangan ini memang dibutuhkan kerja keras dan pengertian. Bukan dari calon pengantin saja, tetapi juga orangtua calon pengantin. Agar suasana tetap kondusif, ada baiknya Anda dan pasangan saling membantu memberikan pengertian pada orangtua masing-masing. Dengan memilih tamu undangan yang benar-benar dekat dan penting untuk hadir di hari pernikahan nanti.

Mengantisipasi Hal-hal Diluar Dugaan
Walaupun Anda sudah membuat daftar tamu dengan sempurna, tidak menutup kemungkin akan terjadi hal-hal diluar dugaan. Misalnya ada beberapa tamu yang tidak bisa hadir, atau membawa lebih dari satu orang temannya. Hal ini perlu dipikirkan sebaik mungkin loh karena bisa berhubungan dengan jumlah catering yang dipesan.

Jika sebelumnya Anda masih bingung dalam hal membuat daftar tamu undangan, semoga tips menentukan jumlah tamu undangan ini bisa menginspirasi. Ingatlah, komunikasi, kesabaran, dan saling pengertian akan sangat penting di masa persiapan pernikahan ini.

Comments are closed.

 
Chat via Whatsapp