free webpage hit counter

6 Pertimbangan Calon Pengantin Sebelum ke percetakan undangan

6 Pertimbangan Calon Pengantin Sebelum ke percetakan undangan

6 Pertimbangan Calon Pengantin Sebelum ke percetakan undangan

percetakan undangan – Undangan pernikahan menjadi salah satu bagian penting dalam terwujudnya pesta hari spesial yang sesuai impian. Bukan hanya sekadar berisi kabar tempat dan waktu pelaksanaan acara resepsi nikah, undangan juga mencerminkan seperti apa nantinya acara yang digelar. Bahkan, menjadi perwakilan sang kedua mempelai di mata para penerima.

Undangan yang eksklusif dan menawan, akan memberikan nilai positif pada para penerima agar sudi meluangkan waktu untuk menghadiri acara pernikahan. Sebaliknya, jika undangan hanya dibuat asal – asalan dan secarik kertas usang, tak menutup kemungkinan hanya berakhir di tong sampah.

Sebelum menggelar pernikahan dan memesan undangan, ada baiknya calon pengantin memperhatikan hal – hal berikut selama di percetakan undangan:

1. Kualitas cetakan

Perhatikan kualitas tinta dan hasil cetakan undangan. Apakah sudah tepat di tengah dan tidak ada tulisan tinta yang belepotan atau luntur. Perhatikan juga jenis font yang dipilih agar lebih mudah dibaca oleh para penerima. Tidak perlu memilih tulisan yang terlalu berlebihan yang justru kadang sulit dibaca. Minta saja sampel atau contoh hasil cetakan undanganmu dalam satu lembar untuk dijadikan patokan.

2. Membuat isi undangan

Sejumlah pengantin sengaja membuat desain undangan sendiri karena tidak ingin undangan mereka terlihat seperti yang lain. Undangan yang dibuat sendiri ini terkesan lebih eksklusif dan tidak pasaran. Seperti undangan para artis yang dicantumkan kutipan manis tentang cinta atau puisi dari kedua mempelai yang saling memuji belahan hatinya. Para penerima akan turut merasakan kebahagiaan dan betapa dalam cinta kasih kedua pengantin bila membaca surat undangan yang unik ini.

3. Pilih jenis kertas

Bila ingin undangan terlihat lebih eksklusif dan tidak pasaran, pilih jenis kertas yang tebal dan memiliki keistimewaan yang tidak pasaran. Misalnya, berbau harum, hard cover tebal, diberikan sampul beludru atau kain ulos, laser cutting atau bahkan undangan pop up yang tampak seperti 3 dimensi.

Undangan yang unik dengan kertas eksklusif dan tebal akan memberikan ciri khas pada undangan sehingga para tamu juga akan terkesan dan pasti akan selalu ingat untuk dengan senang hati menghadiri pesta resepsi pernikahan.

4. Diselipi do’a pengantin

Terlepas dari apa pun jenis agama yang dianut oleh kedua mempelai, tidak ada salahnya menyelipkan doa  pengantin di dalam undangan sesuai agama yang dianut masing – masing.

Setiap pengantin tentu ingin agar pernikahan berjalan lancar dan hubungan pernikahan juga senantiasa langgeng serta tenteram. Untuk itulah, doa pengantin biasanya dicantumkan sebagai pembuka di bagian isi undangan.

5. Denah lokasi atau koordinat Google maps

Satu hal yang terkadang dilupakan oleh para pengantin ke percetakan undangan adalah masalah peta atau denah lokasi. Jangan terburu – buru datang ke percetakan sebelum membawa peta lokasi untuk memudahkan para tamu mendatangi lokasi resepsi.

Tidak menutup kemungkinan, momen pernikahan adalah kunjungan pertama kali si tamu ke rumah atau lokasi pesta. Terlebih lagi, jika para tamu banyak yang berasal dari luar kota. Nah, dengan penambahan secarik kertas berisi denah lokasi akan memberikan kemudahan dalam mengakses menuju lokasi. Saat ini peta lokasi juga bisa dibubuhkan koordinat Google Maps yang bisa diakses via barkode. Barkode cukup ditempelkan pada undangan, lalu para tamu hanya tinggal menempelkan smartphone untuk mencari di peta google. Praktis, bukan?

Membuat denah lokasi yang konvensional, patut diperhatikan beberapa hal di antaranya seperti:

  1. Membuat patokan atau ancar – ancar

Misalnya seperti sekolah, masjid, pabrik, dan sebagainya agar lebih mudah ditemukan oleh para tamu.

  1. Desain jalan

Membuat desain jalan tidak perlu terlalu detail, seperlunya saja dan bisa ditambahkan penunjuk jalan berupa panh menuju ke arah lokasi resepsi.

  1. Efek 3 dimensi

Desain denah lokasi bisa dibuat model 3 dimensi agar lebih menarik dan mudah ditelusuri.

6. Memberi label

Langkah terakhir adalah membeli kertas label. Tentukan dahulu jumlah tamu undangan, kemudian baru membeli kertas label nama yang akan ditempelkan pada kartu undangan. 1 lembar biasanya terdiri dari 12 label.

***

Membuat undangan sendiri memang sedikit merepotkan. Terlebih, bagi pasangan pengantin yang memiliki waktu terbatas dan persiapan mendadak dalam pernikahan. Agar lebih praktis dan mudah, Anda bisa mengunjungi anariasouvenir.com

Anaria Wedding adalah vendor ternama di bidang kebutuhan pernikahan seperti undangan, souvenir, mahar dan seserahan. Tak perlu repot menghabiskan waktu mencari vendor undangan, hubungi segera nomor Whatsapp/LINE 0812 7537 5986 untuk pemesanan atau informasi lebih cepat.

Hi Bride To Be ...
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Daftarkan emailmu disini ! Gratis. Dapatkan promo terbatas khusus untukmu dan cashback / discount hingga 25%
We hate spam too. Your email address will not be sold 🙂