6 Langkah Mengirimkan Undangan Pernikahan Elegan

6 Langkah Mengirimkan Undangan Pernikahan Elegan

6 Langkah Mengirimkan Undangan Pernikahan Elegan

Banyak persiapan yang dibutuhkan dalam menggelar pernikahan elegan dan mengesankan. Rasanya, sangat layak merancang pernikahan yang bisa dikenang selamanya, karena peristiwa penting dan sakral ini hanya akan terjadi satu kali seumur hidup.

Salah satu persiapan yang tak kalah penting dalam momen akad nikah adalah persiapan undangan nikah. Memilih desain undangan pernikahan elegan sudah selesai? Baiklah, sekarang saatnya untuk melangkah ke proses awal mengirimkan undangan kepada para penerima. Di beberapa negara, pengiriman undangan pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bagi Anda yang sedang merancang pernikahan elegan tapi tetap hemat budget, berikut ini kami bagikan 6 langkah mudah mengirimkan undangan pernikahan elegan yang dapat menjadi panduan Anda:

1. Menyusun undangan pernikahan

Luangkan waktu untuk memeriksa semua persiapan untuk mengirimkan undangan nikah secara detail dan cermat. Anda mungkin bisa menyerahkan hal ini pada wedding organizer atau meminta bantuan saudara. Akan tetapi, secara umum berikut panduannya:

  • Bila undangan nikah terdiri dari beberapa lampiran, susunlah ukuran lampiran terbesar ke terkecil. Jadi, kertas yang berukuran kecil seperti kartu souvenir atau kartu parkir berada di bagian paling atas susunan. Hal ini akan memudahkan para penerima untuk membacanya dan tidak terselip di antara lampiran lain.
  • Khusus kartu RSVP harus dimasukkan ke dalam amplop agar si penerima lebih mudah mengirimkan balasan untuk mengonfirmasikan kehadirannya.
  • Tempatkan semua bagian undangan di dalam amplop dengan sisi teks menghadap ke luar. Misalnya, untuk jenis undangan yang hanya berupa satu lembar. Sehingga si penerima akan lebih mudah membaca undangan saat mereka mengeluarkannya.

2. Stempel Amplop RSVP

Demi menghindari si penerima menjatuhkan amplop RSVP atau menyulitkan si penerima untuk mengirimkan kartu RSVP karena harus membayar ongkos kirim, permudah urusan ini dengan memberikan amplop yang sudah dibubuhi perangko. Jadi, para tamu akan lebih mudah mengirimkan kartu RSVP tanpa hambatan.

3. Mengirimkan dengan  bantuan pos

Sebelum mengirimkan undangan nikah, minta kantor pos untuk menimbang undangan nikah sehingga Anda tahu pasti berapa biaya atau jumlah tarif perangko yang dibutuhkan. Oleh karena itu, sebelum mengirimkan undangan, sebaiknya para pengantin juga perlu mempertimbangkan jenis kertas undangan yang akan mempengaruhi berat timbangan dan ongkos kirim. Termasuk beberapa lampiran kecil seperti peta / denah loksai, atau kartu souvenir dan sebagainya sebelum mencetak undangan nikah.

4. Undangan yang simpel

Meskipun pihak kantor pos akan bersenang hati membantu mengirimkan undangan pernikahan, tetapi kadang mesin di kantor pos hanya bisa memproses bentuk atau ukuran amplop tertentu. Umumnya persegi berukuran standar. Jika amplop undangan nikah berbentuk aneh atau unik, kemungkinan Anda akan mendapat biaya tambahan. Apalagi, dengan ukuran amplop yang lebih besar, maka biaya juga lebih mahal.

5. Memberi stempel unik

Jangan lupa berikan stempel unik yang bisa dibuat sendiri DIY atau memesan di vendor undangan pernikahan. Stempel ini akan memberikan kesan yang sempurna untuk mempersonalisasikan acara resepsi Anda. Bahkan, Anda bisa membeli sendiri stempel khusus di toko stempel.

6. Mengirimkan undangan via email atau media sosial

Pastinya, dengan mengirimkan undangan nikah secara online, Anda bisa menghemat biaya yang begitu besar. Terlebih semua biayanya gratis. Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path dan sebagainya bisa membantu Anda mengabarkan berita bahagia pernikahan dalam waktu cepat ke seluruh kenalan dan saudara secara bersamaan. Akan tetapi, patut dipertimbangkan untuk mengirimkan undangan ini 10 – 12 minggu sebelumnya agar tidak terkesan terlalu mendadak yang terkadang bisa menyulitkan para tamu yang memiliki kesibukan padat.

***

Masih ragu merencanakan persiapan kebutuhan terutama soal undangan pernikahan elegan? Jangan khawatir, serahkan pada ahlinya, anaria-wedding.com.

Anaria Wedding merupakan vendor ternama di Jawa Timur yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun melayani kebutuhan pernikahan.

Klien kami adalah calon pengantin yang berasal dari berbagai pulau di seluruh Nusantara dan manca negara.

Cek ulasan para pengguna anaria-wedding.com melalui Google untuk membuktikan pelayanan dan produk kami yang berkualitas dan bergaransi hingga tiba di kota alamat tujuan.

Pemesanan atau informasi lebih lanjut, silakan kontak tim customer care anariasouvenir.com menggunakan aplikasi Whatsapp/ LINE di nomor 0812-7537-5986.

Hi Bride To Be ...
Daftarkan emailmu disini dan jadilah yang pertama mengetahui informasi promo produk dari Anaria Wedding. Selain itu, anda juga akan mendapatkan informasi bermanfaat seputar persiapan pernikahan anda.
We hate spam. Your email address will not be sold